Dibalik Foto Pulau Godo

Menanggapi banyaknya pertanyan dari beberapa teman dan komunitas mengenai Pulau Godo yang kerap kali ditulis di beberapa blog bahkan website pacitanku.com maka dengan ini kami menghimbau agar teman-teman sekalian tidak terpengaruh atas foto tersebut dikarenakan foto mengenai Pulau Godo yang banyak beredar dapat dikatakan sebagai palsu.

Kami tidak mengatakan bahwa Pulau Godo adalah bohong atau tidak ada, sebab Pulau Godo memang sebenarnya ada hanya saja foto yang banyak beredar di Internet bukanlah foto Pulau Godo itu sendiri melainkan foto ujung pantai yang tepat berada di dalam pemecah ombak di depan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Foto yang banyak dianggap sebagai Pulau Godo

Foto tersebut pertama kali kami temukan di paramio.com , dan tidak ditemukan info sama sekali mengenai Pulau Godo melainkan hanya sekedar tulisan “Pulau Godo – Sukorejo” yang menjadi judul foto tersebut. Namun karena penasaran dengan keindahan pulau tersebut kami mencoba untuk browsing di mbah Google, kemudian kami menemukan bahwa website pacitanku.com juga memasang foto yang sama dengan info sebagai berikut :

Pacitanku.com, SUDIMORO—Jika anda berkunjung ke pacitan melewati Kecamatan Sudimoro, tak ada salahnya anda melihat salah satu tempat yang unik dan menarik, yakni sebuah pulau mungil di ujung Teluk Bawur, Sudimoro. Namanya adalah Pulau Godo.

 

Pulau Godo yang letaknya di Teluk Bawur, Desa Sukorejo, Sudimoro ini letaknya berada tepat di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan. Jika sedang berkunjung ke PLTU atau melintasi area Pacitan Trenggalek via jalur Sudimoro, tak ada salahnya anda berkunjung ke pulau ini.

 

Namun yang perlu diperhatikan adalah jalan yang konturnya naik turun dan banyak pegunungan serta tikungan, membutuhkan kehati – hatian saat berkunjung kesana. Selamat menikmati keindahan Pulau Godo Sudimoro. (Dep/Pct)

Rasa penasaran pun semakin bertambah namun tidak banyak info yang bisa didapat dari internet. Pertanyaan pun semakin berhamburan, dimana letaknya? Berapa budget yang harus disiapkan? Bagaimana caranya kesana? Kenapa tidak banyak info? dll. Akhirnya kami pun memutuskan untuk bertanya pada beberapa komunitas sebut saja jalan-jalan (maaf nama jelas tidak dapat kami masukkan karena alasan permintaan privasi). Hanya sedikit info yang dapat mereka semua berikan bahkan malah pertanyaan balik yang kami dapatkan, “belum pernah dengar”, “masa? dimana tuh?”, “iya tau, tapi belum pernah kesana”, “pernah denger, katanya sih bagus” dan ternyata merekapun menunnjukkan foto yang sama seperti foto diatas. Namun tetap saja itu dapat dikatakan sebagai nihil. Bahkan beberapa teman yang memang berasal dari Pacitan sempat kami tanyai dan rata-rata diantara mereka tidak mengetahui tentang Pulau Godo.

Keganjilan mulai datang pelan-pelan, apakah Pulau Godo memang ada? Jika memang benar Pulau Godo memiliki keindahan tersebut mengapa tidak banyak foto yang beredar atau setidaknya dokumentasi mengenai Pulau Godo.

Setelah kami mencoba mencari tahu keberadaan pulau ini, ternyata memang sangat benar bahwa Pulau Godo itu ada dan bukan sekedar mitos atau legenda. Letaknya tepat di koordinat -8.270017, 111.439018 atau 8°16’12.1″S 111°26’20.5″E

Keberadaan Pulau Godo

Keberadaan Pulau Godo

Akan tetapi setelah mengetahui keberadaan pulau tersebut keganjilan tidak hilang begitu saja, ternyata malah semakin bertambah sebab dari beberapa info yang kami dapat bahkan pacitanku.com sendiri mengatakan bahwa Pulau Godo terletak di Teluk Bawur, Desa Sukorejo. Dan inilah yang kami temukan setelah mencari tau letak Teluk Bawur dengan koordinat -8.264067, 111.370525 atau 8°15’50.6″S 111°22’13.9″E

Teluk Bawur

Teluk Bawur

Hahahahahaa, apa yang kalian pikirkan? Di teluk tersebut kami hanya menemukan PLTU Bawur, Pacitan dan tidak ada yang bernama Pulau Godo disana. Dan jika kita perbesar map tersebut akan seperti ini.

Setelah map diperbesar

Setelah map diperbesar

Ternyata Pulau Godo tidak berada di Teluk Bawur, tidak heran jika beberapa teman yang memang berasal dari Pacitan pun tidak mengetahui keberadaan pulau ini. Dan tidak heran pula teman-teman komunitas juga ikut kebingungan saat ditanyai mengenai pulau ini atau ketika ingin traveling menuju pulau ini.

Lalu bagaimana dengan foto yang banyak beredar tersebut? Setelah kami usut lebih lanjut ternyata foto tersebut bukan diambil di Pulau Godo melainkan di sebelah pemecah ombak Teluk di depan PLTU Bawur Pacitan.

Capture 1

Capture 1

Capture 2

Capture 2

Kami menemukan foto tersebut diambil disini…

8° 15' 50.64" S 111° 22' 13.89" E

8° 15′ 50.64″ S 111° 22′ 13.89″ E

Daerah yang kami lingkari adalah tempat dimana foto tersebut diambil.

Daerah yang kami lingkari adalah tempat dimana foto tersebut diambil.

Kembali lagi, sudah terjawab bukan? Foto yang beredar selama ini bukan Foto Pulau Godo, Tidak heran jika tidak ada yang mengetahui keberadaan pulau ini dan bahkan hampir tidak dapat menemukannya. Sebab Pulau Godo tidak terletak di Teluk Bawur melainkan di Panggul Raya.

So, be a smart traveler. 😉

Dan bagi yang ngeshare foto atau gambar sebuah tempat dimohon untuk lebih relevan agar si pembaca mendapatkan manfaat entah itu apa. Hahahaha… Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Terimakasih Tuhan atas semesta. 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Dibalik Foto Pulau Godo

    • iya kakak terimakasih 😀 . Pulau Godo salah satu destinasi selanjutnya kita padahal. tp setelah oprek info sana sini dan bekerjasama dg nasa untuk mencari koordinat pulaunya ya jd dipending dulu deh 😦

      Like

  1. Pingback: Kontroversi Pulau Godo Trenggalek - Galek Trenggalek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s